Selasa, 20 Maret 2012

Produk Domestik Bruto (PDB)

Indikator yang paling penting adalah laporan PDB. Pada dasarnya, PDB adalah tolok ukur dari keadaan ekonomi negara. Angka ini dirilis pada pukul 8:30 am EST pada hari terakhir setiap kuartal dan mencerminkan kuartal sebelumnya. PDB adalah nilai moneter agregat dari semua barang dan jasa yang diproduksi oleh seluruh perekonomian selama satu kuarter (tidak termasuk kegiatan internasional).

Angka inti untuk mencarinya adalah tingkat pertumbuhan PDB. Secara umum, perekonomian AS tumbuh sekitar 2,5-3% per tahun dan penyimpangan dari kisaran ini dapat membuktikan menjadi lebih berpengaruh. Pertumbuhan di atas tingkat ini sering dianggap tidak berkelanjutan dan pelopor untuk inflasi tinggi. Jadi, Fed biasanya merespon dengan mencoba untuk memperlambat sebuah ekonomi "overheated". Pertumbuhan di bawah kisaran (dan pertumbuhan terutama negatif) berarti bahwa perekonomian berjalan lambat, yang dapat menyebabkan peningkatan pengangguran dan pengeluaran yang lebih rendah.

 Perlu dicatat bahwa setiap laporan GDP awal akan direvisi dua kali sebelum angka akhir diselesaikan pada saat: Laporan "terdahulu" diikuti oleh laporan "awal" sekitar sebulan kemudian dan laporan akhir sebulan setelah itu. Revisi signifikan untuk jumlah terdahulu dapat menyebabkan riak tambahan melalui pasar.

Angka-angka PDB dilaporkan dalam dua bentuk:
Dollar yang berlaku saat ini dan Dollar konstan. PDB dolar saat ini dihitung dengan menggunakan dolar hari ini dan membuat perbandingan antara periode waktu yang sulit karena akibat inflasi. PDB dolar konstan memecahkan masalah ini dengan mengubah informasi saat ini ke beberapa dolar era standar, seperti dolar 1997 .

Proses ini menggambarkan akibat dari inflasi dan memungkinkan perbandingan yang mudah antara periode. Jangan bingung dengan Produk Domestik Bruto Produk Nasional Bruto (PNB). PDB hanya mencakup barang dan jasa yang diproduksi dalam batas-batas geografis AS, terlepas dari kebangsaan produser. PNB tidak termasuk barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan asing, tetapi termasuk barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan AS yang beroperasi di negara-negara asing.

 Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan AS mengoperasikan jaringan toko di Prancis, barang dan jasa yang dihasilkan oleh toko tersebut tidak akan dimasukkan dalam PDB, tetapi akan dimasukkan dalam PNB. Karena ekonomi global tumbuh, perbedaan dalam PDB dan PNB merupakan penurunan bagi negara-negara maju seperti AS Tapi untuk lebih kecil, negara-negara berkembang, perbedaan dapat menjadi penting. Untuk laporan terbaru, kunjungi situs Biro Analisis Ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer