Selasa, 20 Maret 2012

INSTRUMEN DALAM MELAKUKAN TRADING EMAS

Pasar Spot
Arus transaksi pembeliaan dan penjualan yang dilaksanakan sesuai dengan tanggal berlaku (tanggal masuk/ writing-off logam dan mata uang) pada hari kedua setelah hari kesepakatan transaksi. Pasar internasional dari transaksi yang sedang terjadi dikenal sebagai pasar spot. Jumlah lot standar dalam "spot" adalah 5 ribuan ons troy ( ons troy adalah ukuran berat logam mulia yang berlaku umum. Yang mengandung 31,1034807 gram). Tujuan dalam melaksanakan operasi ini adalah proses permintaan dana logam mulia pada agen pemberi pinjaman dan klien. Titik awal pembentukan harga dari emas fisik adalah harga dari pasar London, Loco London ("loco" berarti tempat pengiriman logam. Ini adalah kondisi yang paling utama untuk beroperasi dengan logam mulia).

Operasi Swap
Hal ini sering digunakan dalam literatur ekonomi. Mengenai pasar Emas dapat dijelaskan sebagai kegiatan jual dan beli logam dan sebaliknya operasi ini dilaksanakan pada saat yang sama. Jumlah transaksi tersebut lebih besar dari jumlah "spot" transaksi karena swap Emas tidak dipengaruhi oleh pasar logam mulia seperti pada operasi "spot". Operasi standar yang terdiri dari 32.000 ons (1ton). Dibagi menjadi tiga tipe pada prakteknya:
Swap by times (swap keuangan)
Ini adalah tipe yang paling klasik dalam operasi swap. Hal ini terkait dengan kombinasi transaksi berlawanan yang tersedia dan pada tanggal yang ditentukan: membeli (menjual) satu dan jumlah logam yang sama pada kondisi "swap" dan menjual (membeli) pada kondisi "forward". Tanggal penutupan operasi eksekusi dinamakan "date of valuation" dan tanggal operasi lanjutan adalah "date of swap ending". Perjanjian ini dapat disimpulkan untuk periode: dari 1 hari sampai beberapa bulan. Umumnya tanggal perjanjian swap adalah 1, 3, 6 bulan dan 1 tahun. Inti dari operasi ini terdiri dalam kemungkinan konversi Emas kedalam mata uang dengan menjaga hak-hak penebusan Emas setelah akhir swap. Sebelum kontrak berakhir, semua pihak dapat mencapai kesepakatan atas perpanjangan kontrak atau menghilangkan swap membuat perhitungan sebaliknya. Pada waktu yang lalu, operasi swap menjadi lebih populer. Pertama-tama semua manfaat dari daya tarik sumber daya keuangan adalah kejelasan dalam membandingkan dengan daya tarik deposito USD karena tingkat suku bunga swap lebih rendah. Selebihnya kemungkinan daya tarik Emas murni yang dapat digunakan untuk mengelola sisa rekening logam oleh bank, sebagai contoh. Pada akhirnya, operasi ini menjadi sangat populer dikalangan bank central. Jika mereka ingin mengkonversi kedalam cadangan Emas mereka sendiri, bisa diyakinkan bahwa aktifitas mereka idak akan serius mempengaruhi pasar Emas, bukan berjualan secara langsung pada pasar Emas untuk beralih antara kontrak Agennya.

Swap by metal quality
Dalam prakteknya situasi dapat timbul ketika peserta pasar membutuhkan kemurnian Emas yang lebih tinggi. Keinginan ini dapat dipenuhi dengan mengunakan swap by metal quality. Seperti swap menyediakan beli(jual) dari satu kualitas logam terhadap jual(beli) Emas dari kualitas yang lainnya pada saat yang bersamaan. Dan pada saat yang bersamaan pihak yang menjual logam dengan kualitas lebih tinggi akan menerima hadiah yang berdasarkan pada jumlah kesepakatan dan resiko yang berhubungan dengan subsitusi dari satu tipe Emas bagi yang lainnya.

Swap by place
Seperti halnya Swap menyediakan beli(jual) Emas pada satu tempat terhadap jual(beli) pada tempat yang lainnya. Salah satu pihak akan menerima hadiah, karena Emas bisa lebih mahal disatu tempat.

Operasi deposito
Emas dapat menghasilkan bunga jika dalam hal ini adalah objek dari pinjaman karena ini adalah aset keuangan. Operasi ini dilaksanakan ketika ini diperlukan untuk menarik logam kedalam rekening atau dimasukkan kesana untuk periode waktu tertentu. Tingkat suku bunga deposito Emas biasanya lebih rendah dibandingkan dengan mata uang, seperti yang bisa jelaskan dengan tingkat likuiditas yang tinggi dari mata uang. Jangka waktu deposito yang standar - 1,2,3,6 dan 12 bulan tetapi mereka bisa diubah. Bank menarik logam mulia kedalam jaringan kontrak deposito dapat menggunakannya untuk membuat profit selama periode waktu yang ditentukan, misalnya, pembiayaan pertambangan Emas atau untuk operasi arbitrasi dan lain-lain. Pemilik Emas mendapatkan penghasilan dari investasi Emas dan menghindari biaya untuk penyimpanan fisik logam.

Forwards
Selain dari daftar operasi diatas, operasi lainnya yang bisa dilaksanakan: forward deals yang disediakan untuk pengiriman logam asli pada hari yang sama lebih dari 2 hari kerja. Membuat kesepakatan pembeli adalah memastikan diri sendiri dari kenaikan harga Emas pada pasar spot yang akan datang. Asuransi dijamin dengan membuat harga yang akan diselesaikan dilaksanakan dengan tetap. Namun kesepakatan seperti ini tidak memberi kemungkinan penggunaan keuntungan yang lebih.
Forward tidak dapat dibatalkan. Hanya dapat diseimbangkan (menutup posisi forward) dengan membeli dan menjual yang ditetapkan dengan jumlah kesepakatan logam untuk harga saat ini dengan harga jual yang akan datang untuk penetapan harga dengan kontrak forward. Transaksi tersebut sering diadakan dipasar Emas antar bank. Jika menjual logam untuk periode yang tepat, penjual harus mampu untuk bekerja diluar kondisi spot dan kemudian membuat kesepakatan swap: membeli logam pada kondisi spot dan menjualnya pada kondisi forward pada waktu yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer